REFLEKSI RANCANGAN
AKSI MODUL 1.1
“WORKSHOP PENANAMAN PEMIKIRAN
KI HAJAR DEWANTARA”
1. Latar Belakang
Workshop ini dilakukan untuk menanamkan pemikiran-pemikiran Ki
Hajar Dewantara mengenai filosofi pendidikan. Filosofi pendidikan merupakan hal
penting yang harus dijiwai oleh setiap insan pendidik di tanah air. Ini
penting, karena filosofi pendidikan merupakan ruh pendidikan itu sendiri.
Memahami konsep pendidikan dengan baik akan membawa arah pendidikan kita menuju
terwujudnya tujuan pendidikan nasional kita yang telah ditetapkan undang-undang
pendidikan nasional. Setelah ditelusuri dan merefleksikan dilapangan, ternyata
masih banyak pendidik dan tenaga pendidikan yang awam akan pemikiran bapak
pendidikan nasional kita. CGP menemukan beberapa faktor sebagai berikut :
·
Banyaknya guru dan rekan sejawat yang belum
mengertahui pendidikan dan pemikiran KHD baik dalam teori hingga pelaksanaan
pembelajaran.
·
Teori barat yang masih banyak diterapkan dalam proses
pembelajaran.
·
Pendidikan karakter yang masih lemah diterapkan
Untuk itu, CGP berinisiasi mengadakan workshop dengan tema “Workshop Penanaman Pemikiran Ki Hajar
Dewantara” yang dilakukan selama 3 hari berturut-turut dengan protokol
kesehatan dan mengundang beberapa narasumber CGP lainnya untuk mengisi kegiatan
workshop tersebut, selain itu untuk
meningkatkan profesionalitas CGP dalam mengemban tugasnya sebagai “Guru
Penggerak” kedepannya.
2. Deskripsi Aksi Nyata
Workshop ini dilaksanakan selama 3
hari yakni Selasa – Kamis, 10 - 12 November 2020 bertempat di ruang kelas SDN
Mangunjaya 06 dengan rincian kegiatan terlampir. Penanaman ini diharapkan akan
membentuk ekosistem lingkungan sekolah merdeka, berpusat pada anak dengan
trilogi pendidikan KHD dalam manusia merdeka dan memerdekakan manusia. Selain
itu, tujuan dari kegiatan ini sebagai berikut :
·
Mengembalikan pemahaman pendidikan sesuai kebangsaan
kebudayaan, kearifan lokal dan kontekstual.
·
Mengenalkan pemikiran-pemikiran KHD, prinsip, metode,
model dan pendekatan pembelajan KHD
·
Terbentuk suatu ekosistem pendidikan yang humanis,
berkarakter dan ramah anak
Kegiatan
ini mendapat dukungan dari ketua Gugus VI “TRIJAYA” yang menghadiri acara
pembukaan dengan memberikan kata sambutan oleh Ibu Wiwiek Mulyani, S.Pd,
dukungan dari pendamping CPG Bapak Ahmad Watsig Billah dengan memberikan kata
sambutan dalam upacar pembukaan serta Bapak Kepala Sekolah H. Rohaeli, S.Pd, MM
yang juga memberikan kata sambutan dan membuka acara kegiatan tersebut, serta
dukungan dari organisasi kemasyarakatan karang taruna Desa Sumberjaya yang
salah satu anggotanya merupakan guru disekolah kami. Selain itu, dukungan
narasumber yaitu Bapak Sutikno, S.Pd yang membawakan materi pemikiran KHD dan
Ibu Happy Ika Melvina, S.Pd yang membawakan materi merdeka belajar.
3. Hasil Aksi Nyata
Subhanallah, hasil
dari workshop selama tiga hari ini luar biasa, CGP merasa senang dan bahagia
karena bisa berjalan lancar sesuai rancangan aksi nyata. Hasil aksi nyata
adalah bentuk komitmen bersama peserta untuk membentuk komunitas belajar yang
merdeka kedepannya dengan menerapkan pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara,
bentuk-bentuk demonstrasi kontekstual tiap kelompok, hasil pretest dan post
test yang dilakukan peserta kegiatan ini mengenai pemahaman KHD, hasil diskusi
kelompok, tanya-jawab peserta dengan narasumber selama proses kegiatan, hasil
refleksi tiap peserta yang dituliskan dalam post card yang ditempelkan sebagai
salah satu tolak ukur hasil workshop ini. Semua itu terdokumentasi dalam lampiran.
4. Pembelajaran Pelaksanaan
Pembelajaran yang diperoleh CGP
selama pelaksanaan aksi nyata ini dalam “Workshop
Penanaman Pemikiran Ki Hajar Dewantara” bahwa semua guru selalu ingin
memberikan yang “TERBAIK” bagi semua muridnya, pembelajaran yang menyenangkan,
bermakna, kontekstual dari lingkungan sekitarnya dengan istilah kodrat alam dan
kodrat zamannya menurut KHD. CGP memetik pelajaran bahwa salah satu terwujudnya
murid merdeka yakni guru sebagai kunci utama yang mendapat dukungan dari
berbagai pihak, kolaborasi antar rekan sejawat, pengakuan sebagai reward, penyemangat sebagai kekuatan
yang di rechanging lagi, sarana dan
prasarana yang mendukung serta pelatihan pengembangan diri yang berkelanjutan
yang mengedepankan refleksi untuk melihat kelebihan dan kekurangan pembelajaran
yang telah dilakukaanya dengan berkonsep menghamba pada anak. CGP juga melihat
bahwa para guru sangat haus akan ilmu baru mengenai pendidikan, karena mereka
menyadari bahwa pendidikan berkembang seiring berkembangnya teknologi. Para
pendidik dan tenaga pendidikan yang mengenyam pendidikan era70, era 80, bahkan
era 90 harus disering didampingi dengan pemahaman baru agar mampu mendidik
anak-anak era 20 atau generasi alfa sesuai kodrat zamannya. Bagaimana mau
merdeka belajar, murid merdeka bila pendidiknya belum merdeka pemikiran dan
lainnya? SDM mereka belum memahami arti hakiki memerdekan manusia dalam
pendidikan yang dicita-citakan bapak pendidikan nasional kita. Pembelajaran
dari kegiatan ini bahwa masih banyak guru yang belum mengenal dan memahami
pemikiran-pemikiran KHD, mereka hanya mengetahui sebatas “Tut Wuri Handayani”
yang sering mereka lihat, temui dalam logo kementrian, logo seragam, logo
pendidikan kita. Mereka baru memahami pemikiran-pemikiran KHD saat workshop
ini, mereka merasa takjub bahwa puluhan tahun lalu bangsa ini memiliki pemikir
hebat kelas dunia dalam pandangannya mengenai pendidikan.
Tentu kegiatan ini memiliki
kekurangannya. CGP melihat kekurangan dalam kegiatan ini yakni waktu
pelaksanaan yang singkat, tidak adanya reward positif berupa sertifikat
pelatihan bagi peserta agar menjadi salah satu wujud penghargaan yang telah
belajar ditengah pandemik ini dan perlengkapan seminar kit berupa ID card,
boilpoint, note book.
5. Rencana Perbaikan
Rencana perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan workshop kedepannya yakni CGP harus lebih awal, matang dalam menyusun proposal kegiatan untuk mendapatkan sponsor kegiatan dalam rangka menyukseskan dan menfasilitasi peserta kegiatan. Selain itu, CGP harus lebih berkordinasi agar cangkupan peserta lebih besar, luas dan tentunya merancang kegiatan berkelanjutan untuk lebih merefleksi hasil pelaksanaan kegiatan agar bersinambungan untuk mewujudkan ekosistem pembelajaran harmonis, tersistem dengan suatu gerakan bersama.
6. Dokumentasi Proses dan Hasil Pelaksanaan
Berikut ini
dokumentasi kegiatan “Workshop Penanaman Pemikiran Ki Hajar Dewantara” yang
telah berlangsung.
Link Video
Kegiatan :
https://www.youtube.com/watch?v=JWF7KXAYypQ&ab_channel=NHikmahWSDNMangunjaya06
https://www.youtube.com/watch?v=axNVkZMK3gU&ab_channel=NHikmahWSDNMangunjaya06
https://www.youtube.com/watch?v=VzXffpAN3Bs&ab_channel=NHikmahWSDNMangunjaya06
https://www.youtube.com/watch?v=9qCz9ljbD3U&ab_channel=NHikmahWSDNMangunjaya06
https://www.youtube.com/watch?v=fphywFyTVeg&ab_channel=NHikmahWSDNMangunjaya06
https://www.youtube.com/watch?v=GDRvDCX5P54&ab_channel=NHikmahWSDNMangunjaya06
Lampiran
SUSUNAN
ACARA
WORKSHOP PENDIDIKAN
Waktu |
Kegiatan |
Pengisi Acara |
Selasa, 10 November 2020 08.00 – 08.30 |
Presensi/daftar hadir, Pengecekan suhu tubuh (protokol kesehatan) |
Panitia |
08.30 –
09.20 |
Pembukaan |
|
|
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya |
Drijen : Ibu Tri Sumartini |
|
Sambutan-sambutan |
1. Kepala Sekolah : H. Rohaeli, S.Pd,MM |
|
|
2. Ketua KKG : Wiwik Mulyani, S.Pd |
|
|
3. Pendamping CGP : Bpk. Ahmad Watsiq, ST |
09.20 – 09.40 |
Pretest peserta workshop |
Nur Hikmah Wijaya, S.Pd |
09.40 – 09.55 |
Coffee Break |
Panitia |
09.55 – 10.45 |
Materi 1 Filosofi Pemikiran KHD |
Bpk. Sutikno, S.Pd |
10.45 – 11.15 |
Komitmen Bersama |
Nur Hikmah Wijaya, S.Pd |
11.15 – 11.45 |
Rafleksi Kegiatan 1 |
Nur Hikmah Wijaya, S.Pd |
11.45 – 12.00 |
Foto bersama |
Panitia |
|
|
|
Rabu, 11 November 2020 08.00 – 08.30 |
Presensi/daftar hadir, Pengecekan suhu
tubuh (protokol kesehatan) |
Panitia |
08.30 – 09.30 |
Materi 2 Filosofi “Merdeka Belajar” |
Ibu Happy Ika Melvina, S.Pd |
09.30 – 09.45 |
Coffee Break |
Panitia |
09.45 – 10.00 |
Pembentukan kelompok |
Nur Hikmah Wijaya, S.Pd |
10.00 – 11.00 |
Kerja kelompok |
Nur Hikmah Wijaya, S.Pd |
11.00 – 11.45 |
Presentasi tiap kelompok |
Nur Hikmah Wijaya, S.Pd |
11.45 – 12.00 |
Foto Bersama |
Panitia |
|
|
|
Kamis, 12 November 2020 08.00 – 08.30 |
Presensi/daftar hadir, Pengecekan suhu tubuh
(protokol kesehatan) |
Panitia |
08.30 – 09.30 |
Materi 3 Kerangka Pembelajaran KHD |
Nur Hikmah
Wijaya, S.Pd |
09.30 – 09.45 |
Coffee Break |
Panitia |
09.45 – 10.15 |
Refleksi Kegiatan |
Nur Hikmah
Wijaya, S.Pd |
10.15 – 10.45 |
Pembentukan Komunitas merdeka belajar |
Nur Hikmah Wijaya, S.Pd |
10.45 – 11.15 |
Post Test |
Nur Hikmah
Wijaya, S.Pd |
11.15 – 11.40 |
Penutupan |
Panitia |
11.40 – 12.00 |
Foto bersama |
Panitia |
|
|
|
SUSUNAN PANITIA
WORKSHOP PENDIDIKAN
KARANG TARUNA DESA SUMBERJAYA
1.
Penasehat |
H. ROHAELI,
S.Pd, MM ( Kepala Sekolah
SDN Mangunjaya 06 ) |
|
AHMAD ANSORI, S.Hum ( Ketua Karang Taruna Desa Sumberjaya ) |
2.
Ketua Panitia |
SITI ROHAYA, SE |
3.
Sekretaris |
HJ. SRI PURWANTI, S.d |
4.
Bendahara |
TRI SUMARTINI, S.Pd.SD |
5.
Penanggung jawab konsumsi |
SUMINARSIH, S.Pd |
6.
Penanggung Jawab Dokumetasi |
EVI KARMILA |
7.
Penanggung jawab Kebersihan |
AGUS WAHYUDI |
8.
Crew |
Karang Taruna Desa
Sumberjaya |
Foto-foto Kegiatan workshop
Hari kedua |
|||
Hari Ketiga |
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar