Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 09 Maret 2017

Program Tahunan

PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan  : SD Negeri Jatimulya 06
Kelas                         : V
Semester                   : I
Tahun                       : 2014/2015


Smter
Tema
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Ket
I
Benda-benda di lingkungan sekitar
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.Indonesia

3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manus ia, ke seimb angan ekosistem, ser ta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

 PKn

3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional

Mtk

3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, ser ta melakukan perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

IPS

3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber sumber yang tersedia

IPA

3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

SBdP

3.4 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.4 Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan
4.13 Membuat karya kerajinan dari bahan tali temali.
18 jp


Selalu berhemat energy

B. Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

Matematika
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplinwaktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang Berbentuk melalui pengalaman belajar.
2.4 Memiliki sikap Menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.
2.5 Memiliki sikap terbuka, objektif,menghargai pendapat dan karyateman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari

SBdP
1.1 Mener ima kekayaan dan
keragaman karya seni daerah
sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin,tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
2.4 Menunjukkan Kemampuan
bekerjasama dan berinteraksi
dengan menggunakan bahasa
daerah di lingkungan sekitar


IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai
penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1 Menunjukkan perilaku bijaksana dan ber tanggungjawab,peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa  kebangsaan
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan,estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berparartisipasi Penanggulangan permasalahan lingkungan hidup

IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya,serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari
sebagai wujud mplementasi melaksanakan penelaahan
fenomena alam secara mandiri
maupun berkelompok

PPKN
1.1 Menghargai semangat
Kebhinneka tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian  tadisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2 Menghargai kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam
kehidupan rmasyarakat dan berbangsa
2.1 Menunjukkan perilaku,   disiplin,tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui  kesalahan,meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladananpahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan,
cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai
hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya,hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
2.3 Menunjukkan penghargaan
terhadap proses pengambilan
ke p utus an atas dasar musyawarah mufakat
2.4 Menunjukkan perilaku cinta
tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah,
dan masyarakat
18 jp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar