Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 09 Maret 2017

Pendekatan Whole Language

Whole language adalah suatu pendekatan pembelajaran bahasa yang didasari oleh paham constructivism. Dalam whole language bahasa diajarkan secara utuh, tidak terpisah-pisah; menyimak, berbicara, membaca, dan menulis diajarkan secara terpadu (integrated) sehingga siswa dapat melihat bahasa sebagai suatu kesatuan



Komponen WL :
a.reading aloud,
b.jurnal writing,
c.Sustained Silent Reading,
d.Shared Reading,
e.Guided Reading,
f.Guided Writing,
g.Independent Reading, dan

h.Independent Writing

Manfaat WL :
1.Meningkatkan kemampuan menulis
2.Meningkatkan kemampuan membaca
3.Menumbuhkan keberanian menghadapi risiko
4.Memberi kesempatan untuk membuat refleksi
5.Memvalidasi pengalaman dan perasaan pribadi
6.Memberikan tempat yang aman dan rahasia untuk menulis
7. Meningkatkan kemampuan berfikir
8. Meningkatkan kesadaran akan peraturan menulis
9. Menjadi alat evaluasi
10.Menjadi dokumen tertulis






Ciri-ciri kelas WL
Penuh dengan barang cetakan
Siswa belajar melalui model atau contoh
Siswa bekerja dan belajar sesuai dengan tingkat kemampuannya
Siswa berbagi tanggung jawab dalam pembelajaran.
Siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran bermakna
Siswa berani mengambil resiko dan bebas bereksperimen
Siswa mendapat umpan balik (feedback) positif baik dari guru maupun temannya. 

Ikatan Guru Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar