Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 09 Maret 2017

RPP kelas 5 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Satuan Pendidikan          :  SD Negeri Jatimulya 06
Kelas/Semester               :  V/1 (satu)
Tema                               :  5. Bangga sebagai bangsa Indonesia
Subtema                          : 1. Indonesiaku bangsa yang kaya
PB                                    :  1
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (7 x 35 menit)

A.   Kompetensi Inti (KI)

1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun , peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
Bhs. Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
•     Menunjukkan jenis barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia dari teks paparan iklan.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
•     Membuat struktur teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa..
MTK
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
•    Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
•     Menyelesaikan permasalahan matematika yang melibatkan perkalian.

C.TUJUAN PEMBELAJARAN
        Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menunjukkan jenis barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia dari teks paparan iklan dengan teliti
        Dengan mengamati papan reklame, siswa mampu menjelaskan struktur teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa dengan percaya diri.
        Dengan bekerja sama dalam kelompok, siswa mampu membuat struktur teks paparan iklan ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa dengan mandiri
        Dengan mengolah informasi yang disediakan, siswa mampu menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang dengan teliti
        Dengan mengolah informasi yang disediakan, siswa mampu menyelesaikan permasalahan matemtaika yang melibatkan perkalian dengan rasa ingin tahu.

D. Materi Pembelajaran
B.indonesia           : Kosakata
MTK                      : Menyelesaikan masalah perkalian

E.    Metode dan Pendekatan Pemblajaran
Metode                  :  Discovery, tanya jawab, dan diskusi
Pendekatan           :  Sainstifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan).

F.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
·        Media dan Alat   :  Buku, Teks bacaan tentang kegiatan ekspor dan impor, teks bacaan tentang unsur-unsur papan reklame, gambar iklan atau reklame, majalah, surat kabar,Peta pikiran
·         Sumber           :  -  Maryanto, Fransiska, dkk. 2014. Buku Guru SD Kelas 5 Tema 3: Bangsa sebagai bangsa IndonesiaJakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
-  Maryanto, Fransiska, dkk. 2014. Buku Siswa SD Kelas 5 Tema 3: Bangsa sebagai bangsa IndonesiaJakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.    Kegiatan Pendahuluan ± 10 menit
·  Siswa memulai kegiatan dengan berdoa, absensi kehadiran           
·  Guru menjelaskan tema/sub tema yang akan dipelajari
·  Bersama-sama siswa menyanyi lagu “Kebunku”

b.    Kegiatan Inti ± 220 menit
· Siswa menggali informasi dari bacaan, dan menunjukkan jenis barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia dari teks paparan iklan
  Siswa mengamati papan reklame, dan menjelaskan struktur teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
  Siswa membuat kartu Tanya mengenai reklame
  Siswa bekerja sama dalam kelompok, dan membuat struktur teks paparan iklan ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
  Siswa mengidentifikasi kosakata berdasarkan teks bacaan reklame
  Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya membuat struktur teks reklame
  Siswa mengolah informasi yang disediakan, dan menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang
  Siswa mengolah informasi yang disediakan, dan menyelesaikan permasalahan matemtaika yang melibatkan perkalian
c.    Penutup ± 15 menit
·  Bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan kepada murid hari ini
·  Guru melakukan penilaian pembelajaran hari ini
·   Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa melakukan kebiasaan-kebiasaan baik seperti tekun,teliti sikap peduli

·   Guru memberi tindak lanjut tugas di rumah bersama orang tua
·  Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum pulang dan mengucapkan salam penutup.



H.  Penilaian.
·         Rubrik membuat Reklame
              


  
Hasil membuat laporan
No
Nama          
Siswa
Kriteria
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1













2













3













4













5



















 
Skor = 12/12 x 100 =…




  Mengetahui,                                                                            Bekasi,. 2017                  
    Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas V A
                                                                               




  Dra. Sri  Utami                                                                    Nur Hikmah Wijaya, S.Pd.
          NIP : 196501171992032005                                              NIP : 198405112009022001



Tidak ada komentar:

Posting Komentar